Selasa, 19 Juni 2012

Memulai Bisnis Modal Kecil

Memulai Bisnis Modal Kecil 


Membutuhkan lebih dari tekad, tetapi juga komitmen dan dedikasi
Memulai usaha baru bukanlah sesuatu yang mudah. 
Membutuhkan lebih dari tekad, tetapi juga komitmen dan dedikasi.


Sebuah kata bijak mengatakan bahwa "apalah arti sebuah teori jika tidak ada action".

Saat ini orang lebih tertarik untuk berbisnis karena dianggap mampu memberikan keuntungan lebih besar bila dibandingkan dengan kerja biasa pada umumnya. Memulai sebuah bisnis atau usaha sering kali hanya menjadi angan-angan kosong ketika terbentur dengan modal.. benar bukan???

Tapi kalau mau jujur pada dasarnya hampir setiap orang (seperti orang yang membaca artikel ini hehehe) ingin punya usaha sendiri, baik itu bisnis kecil-kecilan maupun bisnis skala besar. Sebaiknya memulai bisnis dari yang kecil dulu agar jika terjadi kegagalan maka kerugian tidak terlalu besar. Untuk memperoleh modal anda tidak perlu hutang kepada siapapun, jika sobat sudah bekerja coba sisihkan gaji anda sedikit saja perbulannya, hingga terkumpul modal yang menurut sobat cukup untuk memulai sebuah bisnis kecil-kecilan, tapi jika sobat belum bekerja tentu sobat harus kerja dulu...hehehe.

Memulai bisnis baru adalah sesuatu yang berat dan resiko gagal yang besar pula. Sementara membeli usaha yang sudah ada (waralaba) juga sangat berat dalam hal biaya. Bagi calon pengusaha yang belum memiliki pengalaman dan tidak memiliki cukup modal, maka sebagai salah satu contoh menjadi distributor salah satu produk MLM dapat dijadikan pilihan. 

Bukan rahasia lagi bahwa bisnis modal kecil sering tidak mendapatkan hasil besar, kecuali di tangan orang-orang yang memang benar-benar tekun dan menerapkan jurus terus. alias pantang menyerah. Sebaliknya yang tidak jarang terjadi (atau sering terjadi), orang menggembar-gemborkan bisnis modal kecil bahkan tanpa modal sama sekali dan bisa untung besar tetapi faktanya mereka sendiri belum atau bahkan tidak dapat hasil yang besar seperti yang mereka inginkan. Memang tidak selalu demikian. Kalaupun ada yang sukses, maka benar-benar tidak banyak. Hasil besar yang diceritakan oleh pebisnis modal kecil tersebut adalah hasil orang lain, hehe ...


Tantangan terberat memulai usaha kecil-kecilan adalah "rasa gengsi". Sebab yang harus membunuh rasa gengsi bukan hanya sobat sebagai pelaku bisnis itu, tapi anak istri dan keluarga besar juga harus berjuang melawan gengsi memiliki ayah / suami yang berprofesi rendahan, meski sudah banyak contoh tentang seseorang yang dari usaha kecil-kecilan mendapat kesuksesan secara finansial dan secara hasil mampu mengalahkan gaji PNS atau pegawai perusahaan bonafit.

OK sobat, sebelum memulai usaha / bisnis sebaiknya pikirkan dulu masak-masak, kalau belum yakin betul jangan dimulai, sebab tidak semua orang cocok menjadi pengusaha, ada juga orang yang secara mental cocok sebagai pegawai / karyawan saja. Untuk itu coba renungkan dan gali potensi diri sobat, apakah jiwa sobat adalah jiwa seorang wirausaha atau jiwa seorang karyawan, supaya tidak salah ambil keputusan tentunya.

0 komentar:

Posting Komentar